Aplikasi SISKEUDES 2.0 Resmi Launching Di Karanganyar

Karanganyar-25 September 2019 Sehubungan dengan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, desa diberikan kesempatan yabg besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri, termasuk pengelolaan keuangannya, serta melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan…

By dhinakhw

Sep 27, 2019

Asisten 1 Pemerintahan Bachtiar Syarif yang dalam hal ini meakili Bupati Karanganyar memberikan sambutan dan secara simbolis meresmikan Launching Aplikasi SISKEUDES dalam workshop sistem tata kelola keuangan desa di Pendopo Rumdin Bupati, Rabu(25/09/19)

Karanganyar-25 September 2019

Sehubungan dengan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, desa diberikan kesempatan yabg besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri, termasuk pengelolaan keuangannya, serta melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa.

Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) adalah sebuah aplikasi pengelolaaan keuanga desa yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan(BPKB) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuanga desa.

Dengan ini di Kabupaten Karanganyar secara resmi meLaunching Aplikasi SIKEUDES sekaligus gelar workshop untuk pelatihan bagi desa, Rabu(25/09/19).

SISKEUDES sendiri merupakan aplikasi untuk membantu bagi pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan desa mulai dari tahap  perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan, pelaporan dan pertanggung jawaban secara komputerisasi.

Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan desa, pemerintah telah meluncurkan aplikasi SISKEUDES versi 2.0, ini desesuaikan dengan pengelolaaan keuangan desa yang terbaru yaitu Permendagri 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa.

Peluncuran SISKEUDES versi 2.0 ini bertujuan untuk lebih memudahkan desa dalam pembuatan peraturan enggaran pendapatan belanja desa (APBDes) dan perwujudan pengelolaan keuangan desa yang lebih transparan, akuntabel, tertib dan disiplin.

Beberapa keunggulan dan kelebihan aplikasi SISKEUDES antara lain yaitu sesuai dengan regulasi pengelolaan keuangan desa yang berlaku, memudahkan tata kelola keuangan desa dan dana desa, user friendly bagi pengguna, didukung dengan petunjuk pelaksanaan implementasi dan manual aplikasi, dibangun dan dibuat melibatkan seluruh pihak yang terkait dengan pengelolaan keuangan desa, kesinambungan maintenance karena aplikasi resmi pemerintah,  dapat diintegrasikan dengan aplikasi terkait lainya sperti aplikasi OM-SPAN milik Kemenkeu dan SIPEDE milik Kemendesa PDTT.(Ard/Tgr)

Related Posts

0 Comments

chat disini
chat disini