ANJANGSANA : Bupati Dan Wakil Bupati Silaturahmi Ke Mantan Bupati Karanganyar Di Semarang, Jogja

Karanganyar – 12 November 2019

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengunjungi Rina Iriani Sri Ratnaningsih di LP Perempuan Kelas II A Semarang, Selasa (12/11/2019). Rina merupakan mantan bupati Karanganyar periode 2003-2013. Juliyatmono berujar sebagai anak harus bersilutarhmi ke orang tua sebagai tanda hormat.

“Kita sebagai anak ya harus mikul dhuwur mendhem jero kepada sesepuh pinisepuh (menjunjung tinggi kehormatan keluarga atau orang tua dan mengubur dalam-dalam keburukan mereka),”ujarnya.

Mantan Bupati Karanganyar, Rina Iriani tampak mengenakan dress hitam dengan jaket crem serta kerudung bermotif merah-hitam. Saat mengobrol dengan Juliyatmono, terkadang tawa dari mantan Bupati Karanganyar itu sesekali muncul.

Saat melakukan kunjungan, Juliyatmono tidak sendiri. Turut serta dalam rombongan Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto, jajaran Forkopimda serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Karanganyar.

Dikatakan Juliyatmono, tradisi anjangsana atau silaturahmi ini dilakukan menjelang Hari Jadi ke-102 Kabupaten Karanganyar, tepat pada 18 November 2019.

“Kunjungan ini untuk memohon dukungan serta doa menjelang Hari Jadi ke-102 Kabupaten Karanganyar. Kita silaturahmi kepada mantan Bupati Karanganyar terdahulu, Rina Iriani. Juga kunjungan ke mantan bupati serta istri bupati yang masih sugeng (sehat),” katanya.

Sambungnya, anjangsana ini upaya supaya tetap terjalin komunikasi dengan para pendahulu yang ikut membangun Kabupaten Karanganyar. Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Karanganyar itu menegaskan untuk terus menjaga dan meneruskan tradisi ini. Harapannya, para pemimpin Kabupaten Karanganyar kelak juga melakukan hal yang sama.

Sementara itu Rina Iriani merasa senang sekaligus mengucapkan terima kasihnya kepada para rombongan yang telah berkunjung. Rina masih menjalani masa asimilasi dengan mengabdikan diri sebagai tenaga pendidik.

“Ya saya mengajar. Menyenangkan dan saya nyaman-nyaman saja,” katanya.

Menjelang Hari Jadi ke-102 Kabupaten Karanganyar, Rina mendoakan supaya Bumi Intan Pari semakin tentram dan maju.

“Insyaallah saya bisa menemani Bupati (Juliyatmono) dan warga Karanganyar memeriahkan Hari jadi ke-103 Karanganyar, tahun depan,” tuturnya.(Ard/Tgr)